ITK Virtual Expo 2021

Sosialisasi dan - 28 Februari 2021 - 12:00 AM

ITK Virtual Expo 2021

“ Bagaimana Cara Agar Calon Mahasiswa Baru Dapat Beradaptasi dengan Kegiatan Perkuliahan Di Era Pandemi? “

 

Penulis: Ikhsan Anugerah & Amirahnur Yasmien

Editor: Ikhsan Anugerah & Rizky Fadli Nugraha

 

Perguruan Tinggi adalah Pendidikan Lanjutan, setelah menyelesaikan pendidikan pada Sekolah Menegah Atas (SMA). NGAMPUS (Sebutan akrab mahasiswa saat perkuliahan berlangsung), didalam menjalankan masa perkuliahan akan banyak sekali event-event yang akan berlangsung salah satunya Event Expo. Event tersebut biasanya adalah media promosi bagi pihak Perguruan Tinggi dalam mempromosikan kampus mereka, kepada para siswa SMA/SMK/MA kelas 12 yang akan menghadapi UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer).

Tidak ketinggalan kampus kita tercinta Institut Teknologi Kalimantan (ITK), yang kembali mengadakan event ini dengan Nama ITK Virtual Expo 2021 pada bulan Februari 2021. Burung Enggang yang merupakan logo dari ITK kembali melebarkan sayap-sayapnya untuk menyapa siswa/ siswi terbaik bangsa untuk menjadi salah satu bagian dari perjalanan Kampus ITK menjadi mendunia tidak hanya di Tanah Air Ibu Pertiwi, Walaupun dalam kondisi pandemi saat ini, tetapi dengan tekat yang kuat dan peran dari semua pihak dibalik layar yang memiliki semangat untuk terus berjuang secara bersama, hingga terciptanya event ini dan berjalan dengan sangat baik.

Mengusung tema “Bagaimana Cara Agar Calon Mahasiswa Baru Dapat Beradaptasi dengan Kegiatan Perkuliahan Di Era Pandemi?” dengan mempersembahkan ITK Virtual Expo 2021 yang menghadirkan sosok “Tasya Kamila” seorang Public Figure Awardee LPDP School of International and Public Affairs, Colombia University. Dikombinasikan dengan kelas online dari beberapa Program Studi yang ada di ITK melalui media Zoom, dilaksanakan dalam dua hari, 13 – 14 Februari 2021, Event ini dapat memberikan kesempatan kepada calon Mahasiswa atmosfer perkulihan secara online yang telah dilakasanakan selama masa pandemic ini, bahasan yang menjadi bahan kajian/ pembelajaran dalam kelas online di masing-masing mengangkat topik-topik yang sangat menarik dari setiap program studi, dipandu oleh moderator dan narasumber yang ahli dibidangnya.

Dalam Event ini juga memberikan kesempatan kepada ITK untuk memperkenalkan 3 Program Studi baru yang telah diresmikan pada tahun 2020 dan telah dibuka penerimaan mahasiswa pertamanya ditahun 2020. Tidak lupa memperkenalkan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di ITK, juga disediakan Both Pameran Poster dan Penayangan Video Profil menggunakan Media Platform Artsteps. ITK Virtual Expo 2021 tidak hanya diperuntukkan bagi siswa/ siswi wilayah sekitar kampus tapi bebas diikuti oleh seluruh siswa/ siswi di Indonesia tanpa terkecuali, dengan harapan dapat memperkenalkan salah satu Institut Teknologi Tinggi Negeri yang ada di Indonesia.

Tak tertinggal Program Studi Teknik Kelautan ikut berpartisipasi dalam event ini dengan menhadirkan Kelas Online dengan moderator salah satu mahasiswa Teknik Kelautan Angkatan 2019 yaitu “ Febiola Melinda Siregar “ dan salah satu Dosen Teknik Kelautan yaitu “ Muhammad Khaisar Wirawan, S.Kel., M.Si. ”, dengan judul Teknologi Canggih Penjelajah Samudera. Dalam kelas online yang berlangsung dipaparkan berbagai macam pengetahuan mengenai alat canggih yang digunakan dalam menjelajah samudra, juga mata kuliah dari teknik kelautan, tidak lupa memperkenalkan para tenaga pengajar dari Teknik Kelautan ITK yang sangat berkompeten dibidang Teknik Kelautan dengan pengalaman kerja yang sangat baik dan ada beberapa dosen yang resmi bergabung dengan prodi ini ditahun 2020 yang baru selesai pendidikan S2 dari berbagai kampus ternama di Indonesia. Tidak hanya dosen baru yang bergabung dengan Teknik Kelautan ITK, tetapi juga ada dosen Teknik Kelautan yang sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri, guna menambah keilmuan dan kompetensi juga bidang minat nantinya di Teknik Kelautan.

Kumpulan Dokumentasi