Analisis dan Rekomendasi Perkuatan Struktur Marine Tower sebagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian - 14 November 2021 - 12:00 AM

Penulis : Fhanesya Trianggraeni Lestari
Editor : Fhanesya Trianggraeni Lestari

Retakan merupakan indikasi gangguan keamaan dari kondisi sebuah stuktur. Kondisi retak akan mengurangi kualitas secara bertahap pada bangunan dengan elemen struktural seperti balok dan kolom. Terdapat permasalahan yang terjadi pada bangunan Marine Tower di Kabupaten Penajam yang berhubungan dengan keretakan struktur, di lain sisi pada kondisi tertentu terasa getaran dan mengakibatkan struktur seperti bergoyang.

Hal di atas mendorong dilakukan sebuah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan selama tiga bulan (30 Maret 2021 – 14 Juni 2021) tersebut diketuai oleh Anggoronadhi Dianiswara, S.T., M.T., MRINA selaku Dosen Teknik Kelautan ITK. Terdapat anggota tim dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari satu Dosen Teknik Sipil ITK (Ir. Basyaruddin, S.T., M.T., M.Sc), satu laboran (Hendro Susilo, S.T), dan satu mahasiswa (Muhammad Farhan Ash-Shiddiqie). 

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan meliputi pembuatan dokumen analisis struktur dan rekomendasi perkuatan, rencana anggaran biaya, rencana kerja dan syarat-syarat, pengujian hammer test, serta gambar-gambar konstruksi perkuatan.

(Proses Pengujian Hammer Test oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat – Dokumentasi Pribadi)

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi pertimbangan atas kekuatan struktur eksisting dan dapat ditindaklanjuti dengan memberikan rekomendasi perkuatan agar goyangan/ amplitudo getaran tidak terlalu besar dan pengguna gedung merasa lebih nyaman dan aman.