Laboratorium

Ruangan laboratoium yang digunakan oleh mahasiswa(i) program studi Teknik Kelautan.


Laboratorium Gambar

Digunakan untuk menunjang mata kuliah menggambar teknik. Mendorong mahasiswa memunculkan kreativitas, ketelatenan mahasiswa, proyeksi, dan dalam hal desain suatu rancang bangun.

Laboratorium Modelling Numerik dan Komputasi

Digunakan pada analisis model matematis untuk analisis struktur bangunan laut dan struktur bangunan baja, seperti struktur kapal, bangunan offshore jacket, struktur export terminal lepas pantai untuk industri minyak dan gas, serta analisis gerakan dan respons dinamis bangunan laut, sebelum dilakukan test model fisik.

Laboratorium Riset Operasi dan Perancangan

Memberi fasilitas penelitian yang menjembatani persoalan rekayasa dan pertimbangan ekonomi, misalnya, optimasi struktur bangunan dan sistem rekayasa maritim dalam kerangka perancangan, produksi, operasi dan pemeliharaan.

Laboratorium Lingkungan dan Pemetaan

Digunakan untuk pengamatan dan pemetaan lingkunga laut dan pesisir, serta analisis dampak lingkungan akibat pembuangan limbah industri, analisis tingkat pencemaran ait laut & laut di daerah industri minyak & gas lepas pantai, penelitian penggunaan energi alternatif lautan seperti OTEC, gelombang dan arus laut,

Laboratorium Hidrodinamika Bangunan Lepas Pantai

Memberikan fasilitas penelitian dan percobaan yang meliputi percobaan gerakan bangunan laut terpancang maupun terapung, pengukuran respons beban gelombang pada struktur laut, pengukuran beban hempasan gelombang pada tiang-tiang bangunan laut, simulasi benturan kapal terhadap anjungan laut dan sebagainya.

Laboratorium Dinamika Struktur Lepas Pantai

Memberikan fasilitas penelitian dan percobaan yang menyangkut pengaruh geometri struktur terhadap kekuatan dan kelelahan struktur bangunan lepas pantai, perilaku kepecahan komponen struktur, perilaku dinamis struktur.

Laboratorium Rekayasa Bawah Laut dan Dasar Laut

Untuk melakukan penelitian dan percobaan yang meliputi analisis saringan dan hidrometri untuk distribusi butiran tanah dasar laut, analisis kekuatan geser dan konsolidasi tanah dasar laut, test atterberg limit dan test pemadatan tanah. Penelitian lain, yang menyangkut rekayasa bawah laut, adalah simulasi fisik model instalasi sumur minyak bawah laut, instalasi dan perawatan sistem bawah laut, komunikasi bawah laut, simulasi positioning dengan remotely operated vehicle, dan sebagainya.

Laboratorium Simulasi Sistem Kelautan dan Kontrol

untuk mengembangkan integrasi dan sinergi dari berbagai variabel bidang dengan memanfaatkan tool komputasional termasuk kontrol dalam sistem kelautan. menyediakan solusi untuk permasalahan yang ada melalui kombinasi berbagai fakultas, termasuk staf peneliti, dan mahasiswa yang berkualitas, serta sinergi dengan industri