PROFIL PROGRAM STUDI

VISI

"Menjadi program studi yang memiliki keunggulan untuk pengembangan sumber daya dan potensi daerah dalam pembangunan Kalimantan dan Indonesia dalam bidang Teknik Kelautan”

MISI

1. Melaksanakan program pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan dan kemajuan ilmu pengetahuan disiplin ilmu rekayasa kelautan untuk menghasilkan lulusan yang unggul.
2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Kelautan dalam pengembangan sumber daya dan potensi daerah Kalimantan dan memanfaatkan hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
3. Mengembangkan kerjasama dengan instansi nasional maupun internasional yang berbasis teknologi kelautan.

TUJUAN

1. Memiliki lulusan unggul yang professional, berakhlak, bermoral, beretika, berkompeten dan mampu bersaing dalam disiplin ilmu rekayasa kelautan.
2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dan bermanfaat dengan riset dan teknologi di bidang Teknik Kelautan yang berkualitas untuk mendukung pengembangan sumber daya dan potensi Kalimantan.
3. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam memecahkan permasalahan di bidang rekayasa kelautan terkait dengan pemberdayaan potensi daerah Kalimantan.
4. Menjalin kerjasama dengan akademisi, stakeholders. Instansi nasional maupun internasional yang berbasis teknologi kelautan.

SASARAN

1. Peningkatan mutu pembelajaran dan kesinambungan Program Studi
2. Terciptanya lulusan yang kompeten dalam keilmuan rekayasa kelautan
3. Pengembangan sarana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
4. Pengembangan kerjasama dengan pemerintah dan industri dalam rangka terciptanya jaringan triple helix yaitu hubungan antara Perguruan Tinggi, pemerintah, dan industry dalam pemanfaatan sumber daya maritim Indonesia.