SEJARAH

Pedoman pembukaan dan penutupan program studi mengacu pada SK Dirjen Dikti Nomor 108/DIKTI/Kep/2001 tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan/atau Jurusan Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 234/U/2000 tentang Pendirian Perguruan Tinggi. Keputusan Senat ITK tentang pembukaan program studi baru guna memenuhi kebutuhan tenaga ahli bidang teknologi serta dalam upaya pengembangan Tri Dharma Pendidikan ITK khususnya dibidang pendidikan, maka dipandang perlu membuka program studi baru. Hasil Senat ITK pada tanggal 2 Februari 2016 memutuskan dan menetapkan pembukaan program studi baru, yaitu program studi Teknik Kelautan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 338/KPT/I/2017 memutuskan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Kelautan Program Sarjana pada Institut Teknologi Kalimantan di Balikpapan.

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
  3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S3)
  4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa (S4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5)
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kemajuan peradaban berdasarkan pancasila (S6)
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S7)
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S8)
  9. Menginternalisasi  semngat  kemandirian,  kejuangan  dan kewirausahaan (S9)
  10. Menunjukkan sikap bertanggung-jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S10)

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik di bidang keahlianya sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU1)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU2)
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannua dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni (KU3)
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, esai seni dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja (K3) dalam melakukan supervise dan evaluasi pekerjaannya (KU5)
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya (KU6)
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KU7)
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran mandiri (KU8)
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU9)

Keterampilan Khusus

  1. mampu menerapkan matematika, sains dan prinsip rekasaya (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada permasalahan di bidang teknik kelautan (KK1)
  2. mampu menerapkan dasar ilmu teknik kelautan dalam perencanaan dan perancangan bangunan struktur lepas pantai; (KK2)
  3. mampu menerapkan dasar ilmu teknik kelautan dalam perencanaan dan perancangan bangunan terapung; (KK3)
  4. mampu memahami dan menggunakan perangkat lunak yang berbasis teknologi kelautan. (KK4)
  5. mampu berkomunikasi, baik dengan menggunakan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, untuk bekerja mandiri maupun bekerja dalam tim yang terdiri dari personel dengan latar belakang budaya yang beraneka ragam; (KK5)
  6. memiliki wawasan, pengetahuan, dan motivasi dalam hal kewirausahaan. (KK6)

Pengetahuan

  1. mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang konsentrasi Design & Construction (Offshore Structure & subsea system mengkaji semua aspek yang terkait dengan analisis desain dan konstruksi baik pada struktur bangunan lepas pantai ataupun pada subsea sistem, contohnya adalah analisis kekuatan, tegangan, regangan, dan kelelahan struktur lepas pantai. Termasuk didalamnya adalah peralatan penunjang subsea system yang digunakan untuk mendukung deep water technology (PP1)
  2. mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang konsentrasi Offshore Hydrodinamic mengkaji semua aspek yang terkait dengan analisis fenomena ataupun interaksi fluida dengan bangunan apung lepas pantai, contohnya adalah analisis seakeeping, manuvering, slamming, dan green water bangunan apung lepas pantai. (PP2)
  3. mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang konsentrasi Management Production & Inspection mengkaji semua aspek yang terkait dengan kegiatan sebagai seorang project engineer, managemen proyek yang benar dan sesuai, merancang S-curve kegiatan terutama yang berkaitan dengan konstruksi dan installasi offshore structure dan subsea system, berhubungan dengan jasa inspeksi teknis yang biasa dilakukan pada proyek eksplorasi minyak dan bidang sejenis seperti inspeksi pada pressure vessel, perpipaan, kapal, platform dan lain sebagainya. (PP3)
  4. mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang konsentrasi Marine Safety (Hazop & K3) mengkaji semua aspek yang terkait dengan HSE dan K3 yang ada di proses hulu dan hilir energy, keamanan dan pengaruhnya terhadap lingkungan, kesalamatan pekerja di darat dan di laut baik untuk pekerjaan dengan resiko kecil, menengah dan tinggi, dan mengkaji langkah mitigasi yang harus dilakukan. (PP4)