Webinar Series 2.0 Pipeline General Overview Teknik Kelautan ITK x PHM Mengajar

Sosialisasi dan - 23 Juni 2020 - 12:00 AM

 

Webinar Series 2.0 Pipeline General Overview

Teknik Kelautan ITK x PHM Mengajar

 

 

Dengan mengangkat topik ”Pipeline General Overview”, program studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Kalimantan yang bekerja sama dengan PT. Pertamina Hulu Mahakam kembali mengadakan Webinar Series 2.0 dengan menghadirkan Bapak Ir. Ari Setyono selaku Pipeline Engineer for Green Field PT. Pertamina Hulu Mahakam sebagai pemateri. Webinar yang berlangsung secara daring pada Sabtu (20/6/2020) ini dipimpin oleh Bapak Anggoronadhi Dianiswara .,S.T.,M.T. selaku moderator, dan dihadiri oleh Dosen Teknik Kelautan Institut Teknologi Kalimantan, Staf  PT. Pertamia Hulu Mahakam, serta mahasiswa dari berbagai macam mahasiswa yang tidak terbatas oleh mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan saja.

Webinar Series 2.0  merupakan kelanjutan dari Webinar Series 1.0 sebelumnya yang membahas proses pengolahan oil and gas secara umum. Dalam industri oil and gas, proses pengolahan dimulai dari menemukan lokasi sumber minyak melimpah berupa fosil yang telah terkubur sangat lama, proses pengeboran, lalu disalurkan  ke bangunan apung guna dilakukan pengolahan untuk proses selanjutnya. Lalu yang menjadi pertanyaan ialah, alat apa yang digunakan untuk menyalurkan minyak mentah dari lokasi pengeboran ke platform atau bangunan apung? Hal inilah yang menjadi fokus pembahasan webinar kali ini.

Kata pipeline mungkin tidak asing bagi pekerja atau engineer yang bekerja di bidang industri oil and gas. Bagaimana tidak, pipeline ialah alat yang digunakan untuk menyalurkan minyak mentah dari lokasi pengeboran ke platform atau bangunan apung untuk diolah ke proses selanjutnya. Webinar Series 2.0 mengenalkan pipeline secara umum dengan menjelaskan pipeline itu sendiri, fungsi pipeline, jenis pipeline, dan bahan pipeline. Setelah peserta mendapatkan pengetahuan tentang  pipeline secara umum, Bapak Ari Setyono melanjutkan dengan materi tentang pipeline yang lebih spesifik lagi seperti aturan-aturan internasional dalam  mendesain model pipeline, serta sistem pipeline secara terperinci yang terdiri atas; Schematic, Platform Pipeline Facilities, Riser, Expansion Spool Piece, Subsea  Safety Isolation Valve, Offshore Pipeline, Nearshore Pipeline, Landfall, Onshore Pipeline and Facilities, SCADA System.

Dalam Webinar Series 2.0, Bapak Ari Setyono juga menyinggung tentang keselamatan kerja di laut (Maritime Safety) terutama dalam industri oil and gas. Para engineer dituntut untuk mengetahui hal-hal tentang keselamatan kerja di laut dan harus siap serta tahu apa yang akan dilakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan ketika bekerja. seperti jika terjadi kebakaran di tempat  kerja, para engineer harus siap dan bisa memadamkan api, jika seseorang mengalami kecelakaan, para engineer harus siap dan bisa mengobati serta melakukan pertolongan pertama pada kecelakaam, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya yang mungkin saja terjadi pada saat bekerja.

Pembahasan Webinar Series 2.0 yang disampaikan oleh pemateri sungguh menarik dan memberikan wawasan yang dalam tentang gambaran pipeline yang jarang diadakan secara umum. Walaupun diadakan secara daring, antusiasme peserta tidak berkurang . Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang turut serta hadir dalam webinar ini serta memberikan pertanyaan terkait materi pipeline yang masih mengganjal pikiran mereka.

Webinar berlangsung selama dua jam dan diakhiri dengan sesi foto bersama lalu ditutup oleh Bapak Anggoronadhi Dianiswara.,S.T.,M.T.

Sedikit pesan yang dapat dikutip dari Bapak Ir. Ari Setyono selaku pemateri sekaligus  Pipeline Engineer for Green Field  PT. Pertamina Hulu Mahakam. “Jika suatu negara memiliki kebutuhan energi yang sangat besar, pasti negara itu maju.”

Penulis: Michael

Editor: Fhanesya